Jelang Pemilu 2024, Kapolda Bali Adakan FGD di Polres Gianyar

22 November 2023 13:36:44 Wita | 133 views
Gambar

Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., melakukan kunjungan ke Polres Gianyar sekaligus mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan pemilu tahun 2024 mendatang, Rabu (22/11/2023).


Kegiatan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Pejabat Utama Polda Bali, PJ. Bupati Gianyar, Ketua DPRD Gianyar, Kapolres Gianyar, Dandim 1616/Gianyar, Kajari Gianyar, Ketua KPU Gianyar, Ketua Bawaslu Gianyar, dan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Gianyar.


Kapolres Gianyar, AKBP. Ketut Widiada, S.I.K. menyampaikan selamat datang kepada Kapolda Bali dan seluruh tamu undangan. AKBP. Ketut Widiada, S.I.K. memberikan paparan tentang persiapan pemilu di Kabupaten Gianyar, dengan rincian jumlah tempat pemungutan suara (TPS), pemilih tetap, dan logistik pemilu yang telah diterima.


Kapolres Gianyar juga menjelaskan potensi kerawanan pada setiap tahapan pemilu, mulai dari pendaftaran calon hingga rekapitulasi hasil. Untuk setiap potensi kerawanan, beliau menyampaikan langkah-langkah antisipasi yang telah disiapkan oleh Polres Gianyar.


Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menyampaikan 10 commanderwish sebagai langkah strategis dalam mengamankan rangkaian pemilu. Ia menekankan pentingnya situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif sebagai kunci keberhasilan pemilu.


Dalam FGD, disoroti beberapa potensi kerawanan seperti kampanye hitam, ujaran kebencian di media sosial, konflik antar pendukung partai, hingga gangguan pada saat proses pemungutan suara. Kapolda Bali menegaskan pentingnya penanganan tegas terhadap berita hoax dan upaya mempertahankan netralitas Polri dalam pemilu.


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Kapolda Bali kepada Kapolres Gianyar dan Dandim 1616/Gianyar serta sesi foto bersama Kapolda Bali dengan Forkopimda dan undangan.