Hari Tumpek Landep Semua Barang Inventaris Polres Bandara Ngurah Rai di Upacarai

03 June 2023 15:04:09 Wita | 77 views
Gambar

 

Polres Bandara- Bertepatan dengan Hari Purnama Sadha yang juga perayaan Hari Tumpek Landep, seluruh barang inventaris Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai yang meliputi kendaraan dinas baik itu sepeda motor, mobil dinas dan sepeda gayung bahkan senjata api dinas juga turut di upacarai yang dipimpin oleh seorang pemangku, sabtu (3/6/2023).

 

Sebelum dilaksanakan upacara terhadap semua barang inventaris, seluruh personil Polres Bandara yang beragama Hindu melaksanakan persembahyangan di Pura Padmasana Gedung Goi Angkasa Pura.

 

Dalam filosofis dan makna Tumpek Landep merupakan tonggak penajaman, citta, budhi dan manah (pikiran). Dengan demikian umat selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai - nilai agama. “Melalui pikiran yang suci, umat mampu memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk,"ucap Kabag SDM AKP I Nyoman Arnaya, S.H. seijin Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E. disela-sela berlangsungnya upacara Tumpek Landep di halaman Mapolres Bandara.

 

Lebih lanjut AKP Arnaya mengatakan Tumpek Landep juga sebagai hari raya pemujaan kepada Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai Dewanya Taksu. Upacara ini digelar setelah hari raya Saraswati sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan.

 

“Jadi setelah memperingati Hari Raya Saraswati sebagai perayaan turunnya ilmu pengetahuan, maka setelah itu umat memohonkan agar ilmu pengetahuan tersebut bertuah atau memberi ketajaman pikiran dan hati kepada para umatnya,”pungkasnya. (hum23)