Cegah Pmk, Bhabinkamtibmas Kelurahan Seririt Sambangi Peternak Sapi Di Desa Binaan

26 May 2022 06:36:48 Wita
Gambar


Polda Bali - Polres Buleleng, Bhabinkamtibmas Kelurahan Seririt Polsek Seririt Bripka Gede Suardika mengunjungi Kandang Sapi milik Bpk Made Mangku dan Made Widya Warga Kelurahan Seririt Kecamatan Seririt, Rabu (25/5/22).


Kegiatan sambang ke lokasi peternakan sapi milik warga dilakukan oleh Bripka Gede Suardika selaku Bhabinkamtibmas dalam rangka melakukan sosialisasi kepada warga peternak sapi tentang adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap khususnya sapi yang saat ini sedang mewabah. 


Pada kegiatan ini, Bhabinkamtibmas memaparkan ciri-ciri hewan yang terserang PMK dan upaya - upaya pencegahan yang dapat dilakukan salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya. 


"Kenali ciri-ciri hewan sapi yang terpapar PMK dan bila menemukan gejala-gejala tersebut segera laporkan ke Puskeswan, atau perangkat desa atau juga bisa lapor ke Bhabinkamtibmas supaya bisa segera ditangani oleh instansi terkait," ujarnya. 


Sementara itu Kapolsek Seririt AKP Made Suwandra,SH., yang dikonfirmasi terpisah mengatakan kegiatan Bhabinkamtibmas tersebut sebagai upaya antisipasi terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak. 


"Saat ini sedang santer terdengar issue terkait adanya Penyakit Mulut dan Kuku yang merupakan wabah virus pada hewan ternak berkuku belah atau genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan hewan liar yang sejenis yang harus kita antisipasi bersama," kata Kapolsek Seririt.