Polsek Gilimanuk Laksanakan Sampan Antik( Sambang Masyarakat Pantai Antisipasi Tindak Kejahatan)

01 July 2022 09:30:45 Wita
Gambar



Polda Bali-Polres Jembrana-Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk.


Sampan Antik atau Sambang Masyarakat Pantai Antisipasi Tindak Kejahatan, merupakan salah satu kegiatan dari Program Prasida atau Pemolisian Interaktif dengan masyarakat Desa dan Agama dalam rangka mewujudkan Bhajra Shanti atau Bhayangkara Jembrana yang Bersahabat dan Antisipatif.


Program ini adalah merupakan terobosan kreatif dari Bpk Kapolres Jembrana AKBP I DEWA GDE. JULIANA S.H, S.I.K, M.I.K dengan menjadikan masyarakat pantai sebagai salah satu sasaran untuk bisa diajak kerjasama, guna bisa menyerap  informasi-informasi tentang potensi gangguan sesuai situasi riil Kamtibmas di lapangan, sekaligus menjadi sarana interaktif pemolisian masyarakat  khususnya warga yg bermukim di area sekitar pesisir pantai utk bisa memproteksi atau membentengi lingkungan tempat tinggalnya sendiri dari potensi-potensi gangguan yg dpt mengancam Stabilitas Kamtibmas, sebagaimana yg tlh disampaikan olh Bpk Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Kompol I GST. PUTU DARMANATHA, S.H., M.H. Kpd seluruh personel disetiap kesempatan, bahwa dalam pelaksanaan tugas rutin, personel tetap mendatangi atau menyambangi warga yg bermukim di area sekitar pesisir pantai utk dpt menyerap berbagai informasi mengenai masuk-keluar wilayah Bali, baik org maupun barang secara ilegal, termasuk masuk-keluarnya para pelaku tindak kejahatan, barang-barang dari hasil tindak kejahatan dan barang-barang berbahaya dengan menggunakan perahu atau kapal-kapal tradisional melalui area pesisir pantai, guna dpt dijadikan bahan masukan utk diambil langkah- langkah antisipatif, dan sekaligus memjadikan kegiatan sambang tsbt sebagai sarana interaktif pemolisian masyarakat desa yg bermukim di sepanjang pesisir pantai utk bisa memproteksi atau membentengi lingkungannya sendiri dari potensi-potensi gangguan yg dpt mengancam stabilitas situasi Kamtibmas, khususnya di lingkungan tempat tinggal masyarakat itu sendiri dan umumnya di wilayah Bali.


Kapolsek Gilimanuk memerintahkan Empat personel Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk dipimpin oleh perwira pengendali (Padal)  IPDA SURJADI (Panit 2 Lantas) untuk melaksanakan tugas Sampan Antik atau Sambang  Masyarakat Pantai Antisipasi Tindak Kejahatan. Jumat (01/07/2022) dari Pkl. 08.30 s/d 09.00 WITA. 


Dengan menyambangi salah satu warga masyarakat yang berada di area   pesisir pantai Lingkungan Jineng Agung Gilimanuk yaitu , sdr Tamrin yang ternyata adalah warga yang bermukim di sekitar pesisir pantai yang bekerja sebagai nelayan di Lingkungan Asri Barat  Kelurahan Gilamanuk, rangka menyerap informasi-informasi utk dijadikan sebagai bahan masukan kpd pimpinan guna diambil langkah- langkah antisipatif dlm rangka mengantisipasi masuk keluarnya orang- orang dan barang- barang secara ilegal, termasuk para pelaku tindak kejahatan, barang-barang dari hasil tindak kejahatan maupun barang- barang berbahaya dengan tetap menunjukkan sikap keakraban, sehingga  tlh terjalin komunikasi yg bersahabat, sekaligus menjadikan kegiatan sambang tsbt sebagai sarana interaktif dlm rangka pemolisian masyarakat desa yg berdomisili di pesisir pantai utk bisa menjaga, melindungi dan mengamankan lingkungannya sendiri dari potensi-potensi gangguan yg dpt mengancam stabilitas Kamtibmas.


"Kegiatan Sambang rutin dilaksanakan sehingga masyarakat merasa aman, nyaman oleh kehadiran personil Polri di tengah tengah masyarakat, sehingga menciptakan situasi kondusif" Ucap Kapolsek.


(Humas Gilimanuk)