Kapolres Tabanan Pimpin Rapat Forum Konsultasi Publik “bagaimana Kita Bisa Saling Bekerja Sama”

02 August 2022 15:03:22 Wita
Gambar

Polda Bali – Polres Tabanan – Humas, bertempat di Rupatama Polres Tabanan telah dilaksanakan Rapat Forum Konsultasi Publik tentang Pelayanan Publik di lingkungan Polres Tabanan di dipimpin langsung oleh Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S. I. K., M. H., Selasa 02 Agustus 2022, pukul 09.00 s/d. 11.25 Wita.

 

Disamping Kapolres Tabanan, PJU Polres Tabanan yang tampak hadir : Waka Polres Tabanan Kompol Doddy Monza, S I.K., M.Si., M.I.K,   Plt. Kabagren, Kasat Intelkam,  Kasat Lantas,  Kasi Humas dan Para Operator bidang layanan SKCK dan opetator layanan SIM Polres Tabanan.

 

Para undangan peserta Rapat : Perwakilan Akademisi Universitas Tabanan, Kepala Dinas Penanaman  modal Terpadu satu pintu, Jero Bendesa Adat Kota Tabanan, Perbekel Dauh Peken, Perwakilanj dari KNPI Tabanan, dan rekan awak Media Bali Pos, Pantau Bali, Bali Top News.

 

Rapat dibuka oleh Kapolres Tabanan dalam sambutannya mengatakan “Puja dan Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena Rahmatnya kita bisa berkumpul disini dalam rangka Rapat Forum Konsultasi Publik tentang Pelayanan Publik di lingkungan Polres Tabanan.

 

Para hadirin yang saya hormati, semoga Forum ini menjadikan wadah untuk mempererat jalinan silaturahmi, dan untuk diketahui dibidang pelayanan Polres Tabanan dari Tahun 2019 telah mendapatkan perdikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) menuju ke WBBM (Wilayah Bebas Bersih Melayani), untuk itu kami mohon dukungan serta koreksi dari bapak ibuk yang hadir dalam Forum Konsultasi Publik tentang Pelayanan Publik di lingkungan Polres Tabanan, Ucap Kapolres Tabanan,

 

Selanjutnya seijin Kapolres Tabanan dilanjutkan oleh Kasat Lantas bergantian dengan Kasat Intel yang menyampaikan paparan yang terkait dengan bentuk pelayanan Publik yang langsung menyentuh ke lapisan masyarakat bawah, paparan Kasat lantas pada intinya “ Mekanisme pelayanan Publik Sat Lantas Polres Tabanan selama ini  yang terkait dengan Penerbitan SIM Baru maupun SIM perpanjangan dan SIM Drive Thru, disamping itu juga ada pelayanan publik “SIM Balebengong Corner” yang dilaksanakan di Balebengong didepan Bank BPD Tabanan, Pelaksanaannya diluar jam kerja dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 18.00 Wita s/d selesai terkait,

 

Sedangkan Kasat Intel dalam paparannya yang terkaiat dengan “Proses pelayanan pembuatan SKCK baru maupun perpanjangan ataupun pelayanan ijin keramaian dan STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan) bagi masyarakat yang layanannya setiap hari, disamping itu juga memberikan layanan khusus SKCK Bale Bengong One Service On The Weekend bertempat di depan kantor Bank BPD Tabanan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dari pukul 18.00 Wita samp[ai selesai, tegasnya.

 

Adapun Penekanan Kapolres Tabanan pada intinya “sebagaimana  hasil paparan dari Kasat Lantas dan Kasat Intelkam yang terkait dengan Pelayanan SIM, Kita harus hati-hati dalam proses pemberian SIM karena hal itu harus kita cek kesehatan jasmani dan rohani serta harus diberikan pembekalan materi tentang aturan rambu-rambu lalu lintas.

 

Yang membidangi tes untuk pembuatannya supaya lebih diperketat dikarenakan di wilayah Kab. Tabanan terjadi jumlah kecelakaan yang terbanyak di Bali, dan SIM Balebengong corner itu sebagai bentuk Inovasi dari Polres Tabanan yang memberikan pelayanan khusus / lebih kepada masyarakat diluar jam dinas.

 

Juga untuk layanan SKCK kami dari Polres Tabanan juga memberikan pelayani SKCK Balebengong corner yang bertempat di Balebengong depan Bank BPD Tabanan, mohon diberikan saran / masukan dengan tujuan untuk menjadi pembenahan bagi Polres Tabanan kedepan, Ucapnya.

 

Tanggapan Arya Wiguna dari KNPI Tabanan  “memberikan apresiasi terhadap layanan SIM corner dan Sim keliling yang dilaksankan oleh Polres Tabanan, Layanan ini banyak diminati masyarakat, saya pinginnya untuk pelayanan SIM di depan Bank BPD  di pidahkan ke depan gedung kesenian Ketut Mario dikarenakan lebih luas dan bisa terjangkau masyarakat dan mudah melakukan pengawasan.

 

Penyampaian dan tanggapan I Gusti Gurah Gede Genta selaku bendesa adat Kota Tabanan pada intinya “Mengucapkan terimakasih kepada Kasat lantas dan Kasat Intelkam atas penjelasannya untuk pembuatan SIM dan SKCK. Setuju dengan usul Arya Wiguna ketua KNPI Tabanan untuk pemindahan pelayanan SIM dan SKCK yang dilaksanakan di depan Bank BPD dipindahkan ke depan gedung kesenian Ketut Mario Tabanan mengingat arus lalin di depan bank BPD cukup rame pada saat malam Minggu dan untuk mengurangi terjadinya kemacetan diseputaran pasar senggol, Pungkasnya.

 

Penyampaian dari Dosen Akademisi Universitas Tabanan pada intinya “terkait pelayanan SIM dan SKCK diharapkan kepada Polres Tabanan untuk turun kelapangan memberikan sosialisasi tentang mekanismenya, masalah penerbit SIM maupun pembuatan SKCK agar masyarakat lebih paham.

 

Penekanan Endah Setianingsih sebagai Kepala Dinas Penanaman modal Terpadu satu pintu pada intinya “Kita berharap bagaimana kita bisa saling bekerja sama dan bersinergi untuk kedepannya sama-sama kita bisa melaksanakan pelayanan publik kemasyarakat.

 

Sedangkan Penyampaikan dari Waka Polres Tabanan pada intinya “Pelaksanaan Pelayanan Publik gabungan yang bersifat keliling ke tengah masyarakat tetap kita laksanakan namun pelaksanaannya agar dikoordinasikan yang lebih baik, terima kasih kepada semua hadirin atas masukan dan sarannya, kita ketahui birokasi di Indonesia sudah lebih baik dan kita berharap dan  j dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat

 

Yang paling terakhir  masukan Ibuk Puspa dari perwakilan awak media pada intinya “Meyoroti pelayanan publik di Polres Tabanan sudah berjalan baik, namun  terkait dengan layanan pemohon SIM baru kadang masyarakat mengalami kebingungan dikarena harus mecari kelengkapan surat kesehatan dan fisikologinya harus keluar dari lingkungan Polres untuk mendapatkannya, mohon kiranya untuk mendapat persyaratan tersebut menjadi satu di dalam lingkungan Polres agar masyarakat lebih mudah dalam proses pembuatan SIM, Tutupnya.;