Polsek Marga Bersinergi Dengan Bpbd Dan Satgas Siaga Bencana Kec. Marga Tangani Pohon Kayu Putih Tumbang

25 November 2022 12:36:28 Wita
Gambar

Polda Bali - Polres Tabanan - Humas, Sesuai dengan arahan Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., jika terjadi bencana agar jajaran Polres Tabanan Sigap melakukan Penanganan bersinergi dengan instansi terkait lainnya, melaporkan pada kesempatan pertama kepada pimpinan. 


Hal ini menjadi tindak lanjuti dari Personil Polsek Marga - Polres Tabanan melakukan pengecekan dan penanganan dengan cepat ketika terjadi Batang Kayu patah di   obyek Wisata Kayu Putih, Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan.


Batang Kayu Putih yang patah terjadi pada hari 

hari kamis tanggal 24  Oktober 2022 sekira pukul 18.30 wita . Dengan adanya kejadian tersebut personil Polsek Marga yang dipimpin Kapolsek Marga segera mendatangi tempat kejadian dan melakukan koordinasi dengan satgas penanggulangan bencana kecamatan Marga, BPBD Kabupaten Tabanan, Perbekel Desa Tua serta Bendesa adat Banjar Bayan. 


Dari hasil pengecekan tkp yang dilakukan oleh personil Polsek Marga bahwa batang kayu putih yang patah tersebut  berdiameter 150 cm mengalami patah dan jatuh dan menimpa pura babakan yang ada di lokasi dan mengakibatkan : 

- 1 (satu)  Balai puruman rusak. 

 - 1 ( satu)  pelinggih Taksu rusak berat. 

 - 1 ( satu)  pelinggih padmasana rusak berat. 

 -  Tembok penyengker Rusak


Seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., Kapolsek Marga AKP I Wayan Suta Arcana,  S.H., menjelaskan bahwa "kejadian batang pohon ini patah menjelang malam.( Kamis  24/11/2022 ) Karena hari sudah malam cuaca gelap, penanganan kami lakukan pada hari ini bersama dengan BPBD Kabupaten Tabanan, Satgas Siaga Bencana Kecamatan yang dipimpin Camat Marga Drs. I Gusti Agung Alit Adiatmika, dan masyarakat adat Banjar Bayan yang dipimpin Jero  Bendesa Adat Bayan I Wayan Negeriawan, S.Pd." ungkap Kapolsek Marga


"personil Polsek Marga yang ditugaskan dalam penanganan bencana ini dari unit patroli samapta, Reskrim, Intelkam, Binmas dan para Bhabinkamtibmas. Kejadian batang pohon patah dipicu cuaca ekstrim curah hujan dengan intensitas tinggi. Dari kejadian ini nihil ada korban jiwa, Kami menghimbau masyarakat dengan adanya cuaca yang ekstrim agar selalu waspada dan berhati-hati " Tutup Kapolsek Marga Saat melakukan penanganan evakuasi batang pohon Kayu Putih yang tumbang (Jumat 25/11/2022)